LUCKITA, NADYA DWI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS QUIZ FLASHCARD BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI BERHITUNG KELAS I DI SDN CURAHGRINTING 3 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
cover skripsi NADYA DWI LUCKITA .pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (502kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NADYA DWI LUCKITA .pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
Skripsi - bab 1 NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (111kB) |
||
Text
Skripsi - bab 2 NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (325kB) |
||
Text
Skripsi - bab 3 NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (149kB) |
||
Text
Skripsi - bab 4 NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
Skripsi - bab 5 NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (44kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (189kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI NADYA DWI LUCKITA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efektivitas media flashcard terhadap peningkatan kemampuan berhitung pada siswa kelas 1 di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis quiz flashcard yang bermuatan kearifan lokal. Metode penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi, tes, angket validasi ahli media dan validasi ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat layak tanpa revisi, ahli media memperoleh persentase 97,5% dengan kriteria sangat layak sesuai revisi, respon guru memperoleh persentase 97,5% dengan kriteria sangat layak tanpa revisi, serta respon siswa memperoleh rata-rata 96,1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis quiz flashcard bermuatan kearifan lokal layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Dari penilaian ahli materi pelajaran, ahli media, guru, dan siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran kuis flashcard berbasis kearifan lokal cocok untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran flashcard bermuatan kearifan lokal dapat digunakan pada mata pelajaran matematika di kelas I SDN Curahgrinting 3 Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Quiz Flashcard, Kearifan Lokal |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:39 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4946 |
Actions (login required)
View Item |