SARI, MALA SASTIA NOVITA (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP “RANGKAIAN LISTRIK" KELAS VI DI SDN MAYANGAN 4 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (14kB) |
||
|
Text
Abstrak MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
BAB I MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (140kB) |
||
Text
BAB II MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (219kB) |
||
Text
BAB III MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (370kB) |
||
Text
BAB IV MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (283kB) |
||
Text
BAB V MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (117kB) |
||
Text
BAB VI MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (114kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA MALA SASTIA NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (179kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI MALA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (255kB) |
Abstract
Tingkat kreativitas siswa diukur dalam sebuah penelitian, dengan mempertimbangkan aspek pengetahuan (kognitif) dan ketrampilan (psikomotorik) melalui berbagai indikator. Untuk memfasilitasi pertumbuhan kreativitas siswa, guru perlu menciptakan suatu metode atau model pembelajaran yang mendorong perkembangan jiwa kreatif. Namun dalam kenyataannya masih banyak kendala yang dialami oleh guru dalam meningkatkan kreativitas. Untuk meningkatkan kreativitas siswa, pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah PjBL, dimana siswa tidak hanya diajarkan cara memecahkan masalah selama di kelas, tetapi juga didorong untuk menghasilkan produk. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kreativitas siswa pada konsep “Rangkaian Listrik” Kelas VI di SDN Mayagan 4 Probolinggo dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK versi Kemmis dan Me Taggart membagi prosedur Penelitian Tindakan Kelas dalam empat tahap kegiatan pada satu putaran (Siklus). Pertama, tahap planing Kedua, tahap Implementasi. Ketiga, tahap observasi. Keempat, tahap refleksi. Keempat tahapan ini akan dijelaskan secara spesifik pada pembahasar prosedur penelitian. Empat tahapan ini merupakan komponen yang mengonfigurasi suatu siklus berupa sirkulasi aktivitas beruntun. Sebanyak 11 siswa kelas VI SDN Mayangan 4 Probolinggo mengikuti penelitian ini. Setiap siklus terdapat dua pertemuan (perencanaan, tindakan, observasi dan refelksi) penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini berasal dari berbagai sumber, antara lain aktivitas siswa, unjuk kerja kreativitas siswa, dan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran PjBL. Berdasarkan dari siklus I 7 dari 11 siswa memiliki kreativitas yang rendah dibawah 7,50% sehingga rata rata yang diperoleh pada siklus I adalah 5,9%. Rata rata pada siklus II adalah 8,1% dan terdapat 1 siswa tidak dapat memenuhi KKM yaitu 9%. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL, Kreativitas Siswa, Rangkaian Listrik |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:28 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
View Item |