INAYATI, TATIK (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS WALI SONGO 1 MARON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2023 - 2024. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI TATIK INAYATI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (292kB) |
||
|
Text
ABSTRAK TATIK INAYATI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (442kB) |
||
Text
BAB II TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (429kB) |
||
Text
BAB III TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (457kB) |
||
Text
BAB IV TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (502kB) |
||
Text
BAB V TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (310kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI TATIK INAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (289kB) |
Abstract
Guru di MTs Walisongo 1 Maron dituntut untuk menjadi guru yang profesional dengan meningkatkan kompetensi yang ada dalam dirinya, dimana kepala madrasah diharapkan mampu dalam mengembangkan kompetensi guru sehingga bisa meningkatkan profesionalisme guru di lembaganya. Secara umum profesionalisme guru di MTs Walisongo 1 Maron sudah baik dapat dilihat dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah, namun nyatanya di lapangan masih ada sebagian kecil guru yang kurang pendekatan terhadap siswa, melalaikan tugasnya, tidak menaati peraturan dalam melakukan aktivitas kegiatan yang ada di MTs Walisongo 1 Maron. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengungkapkan masalah peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Walisongo 1 Maron Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2024. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian data deskriptif kualitatif, lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs Walisongo 1 Maron Kabupaten Probolinggo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru sebagai pendidik sudah mampu menjadi pemimpin yang baik dengan mengelolah kegiatan madrsah dan bekerja sama dengan stakeholder madrasah. Membimbing dan mengarahkan guru dengan memberikan motivasi sebagai support system antara pemimpin dan bawahannya, dan menjadi panutan yang baik. Sebagai administrasi sudah mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab terhadap lembaga yang dipimpinya, dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk mengembangkan potensi yang dimiliki guru dengan menfasilitasi agar dapat bekerja dengan nyaman. sebagai atasan mampu menjadi big boss dengan penataan majemen yang baik, melaksanakan supervisi-supervisi, dan mengelolah sumberdaya yang ada di lembaganya. Sehingga mampu mencetak guru yang profesional untuk meningkatkan kualitas madrasah dengan memperbaiki stakeholder yang paling utama yaitu guru atau pendidiknya terlebih dahulu. Diketahui faktor pendukung : peraturan x komitmen guru dan karyawan madasah, berjalannya kurikulumdengan baik, sarana prasarana yang baik dan kondisi lingkngan yang bersih. Sedangkan Faktor penghambat: minimnya kesadaran guru dalam tugasnya, kurang memahami isi dari kurikulum, dan kurang mengikuti perkembangan teknologi. Solusi yang dilakukan : Memberikan pembinaan dan arahan terhadap para guru, memberikan motivasi dan dorongan terhadap guru di madrasah berupa reward terhadap guru yang berprestasi, home visit, mensosialisasikan kembali kurikulum dan teknologi, dan recruitment guru dengan lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran kepala madrasah, profesionalisme guru |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 05:49 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 05:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4959 |
Actions (login required)
View Item |