PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN WANGKAL 1

CHARISA, TIARA PUTRI (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN WANGKAL 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TIARA PUTRI CHARISA .pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
BAB I TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)
[img] Text
BAB II TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (178kB)
[img] Text
BAB III TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (195kB)
[img] Text
BAB V TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (379kB)
[img] Text
BAB VI TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TIARA PUTRI CHARISA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI TIARA PUTRI CHARISA -dikompresi.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (72kB)

Abstract

Masalah yang terjadi dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan yaitu mengenai mata pelajaran matematika, dimana mata pelajaran matematika ini dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit dikarenakan oleh beberapa faktor yakni: siswa belum memahami konsep materi matematika, guru belum menerapkan model project based learning dalam pembelajaran matematika, serta guru cenderung menggunakan pembelajaran yang konvensional (metode ceramah). Sehingga nilai yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau belum memenuhi kategori tuntas. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan Pembelajaran dengan model project based learning pada siswa kelas IV SDN Wangkal 1, dan (2) Hasil belajar matematika melalui model project based learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Wangkal 1 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2023-2024 dengan 2 siklus. Pada tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yakni, (1) Penerapan Pembelajaran Matematika dengan model project based learning pada siswa kelas IV SDN Wangkal 1 mengalami peningkatan sebesar 66,6% pada siklus I dan pada siklus II 85,41%. Peningkatan terhadap aktivitas siswa kelas IV SDN Wangkal 1 pada siklus I mendapatkan rata- rata 61,30 dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata- rata 75,64 dengan kategori baik. (2) Peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Wangkal 1 setelah penerapan project based learning yakni pada siklus I sebanyak 17 siswa tuntas belajar atau 62,96% dari jumlah siswa seluruhnya dan siklus II sebanyak 24 siswa tuntas belajar atau 88,88% dari jumlah seluruhnya.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:37
Last Modified: 25 Nov 2024 02:37
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item