HASIL BELAJAR SISWA PPKN PADA MATERI NORMA KESOPANAN MELALUI METODE SNOWBALL THROWING KELAS VIII DI SMPN 02 SUMBERASIH

WIJAYA, RUSDIANTO ADI (2024) HASIL BELAJAR SISWA PPKN PADA MATERI NORMA KESOPANAN MELALUI METODE SNOWBALL THROWING KELAS VIII DI SMPN 02 SUMBERASIH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Cover RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (334kB)
[img] Text
Bab 2 RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (410kB)
[img] Text
Bab 3 RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (362kB)
[img] Text
Bab 4 RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (431kB)
[img] Text
Bab 5 RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (321kB)
[img] Text
Surat Keterangan Bebas Plagiasi RUSDIANTO ADI WIJAYA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (300kB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan model konvensional ceramah masih belum cukup memberikan kesan yang mendalam pada siswa, karena peran guru dalam menyampaikan materi lebih dominan dibandingkan siswa sendiri. Guru lebih banyak memberikan penjelasan dari pada mencari tahu sejauh mana siswa bisa menerima dan memahami informasi yang disampaikan.masalah tersebut maka sudah selayaknya dalam pengajaran dilakukan suatu inovasi. Dalam hal ini guru selaku tenaga pendidik harus mampu menggunakan strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran metode Snowball Throwing. Dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini adalah bagaimana Hasil Belajar Siswa Terhadap Metode Kooperatif Snowball Throwing yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes dilakukan dua kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berlangsung cukup baik dengan beberapa tahapan yang diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu antara lain: guru menguraikan materi yang dipelajari, guru memecah siswa menjadi 4 kelompok dan memerintahkan ketua kelompok untuk menyampaikan ulang materi, setiap ketua kelompok berbalik ke kelompok sendiri-sendiri kemudian menyampaikan kembali materi kepada kelompoknya, guru memberikan satu lembar kerja kepada setiap kelompok untuk mencatatkan pertanyaan terkait materi yang dipelajari, kertas tersebut akan dibentuk menyerupai bola dan dilemparkan kepada kelompok lain dalam waktu 20 menit, setelahnya setiap kelompok akan memperoleh satu bola kertas yang terdapat pertanyaan dan guru mengasih jangka waktu kepada setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan kemudian perwakilan dari setiap kelompok akan mempresentasikan hasilnya didepan kelas sampai semua kelompok selesai mempresentasikan hasilnya.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Norma Kesopanan, Snowball Throwing
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:15
Last Modified: 16 Dec 2024 03:15
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item