PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMP ISLAM TARBIYATUL HASAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2019-2020

SUHARTINI, ENI (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMP ISLAM TARBIYATUL HASAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER ENI SUHARTINI .pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
10. DAFTAR ISI ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (289kB)
[img] Text
14. HALAMAN ABSTRAK ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (294kB)
[img] Text
15. BAB I ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (411kB)
[img] Text
16. BAB II ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (344kB)
[img] Text
17. BAB III ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (558kB)
[img] Text
18. BAB IV ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (912kB)
[img] Text
19. BAB V ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (206kB)
[img] Text
20. BAB VI ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (187kB)
[img] Text
21. DAFTAR PUSTAKA ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (295kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN ENI SUHARTINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (275kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, pengamatan yang dilakukan di SMP Islam Tarbiyatul Hasan diketahui bahwa selama ini guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Kegiatan pembelajaran belum melibatkan siswa secara aktif sehingga berpengaruh pada minat dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas VII Smp Islam Tarbiyatul Hasan kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2018-2019, (2) Apakah dengan penerapan metode kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VII dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan (3) Apakah dengan penerapan metode kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VII dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Untuk minat awal siklus 1 pertemuan pertama di peroleh nilai rata-rata 2,04 dengan kategori “kurang baik”, pada pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata 2,37 dengan kategori “cukup baik” . sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 3,64 dengan kategori “cukup baik” dan pada pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata 4,18 dengan kategori “baik”. Untuk hasil belajar pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase 45% dengan kategori “gagal”, pada pertemuan kedua diperoleh persentase 61% dengan kategori “kurang baik”. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 72% dengan kategori “cukup baik”, pada pertemuan kedua diperoleh persentase 88% dengan kategori “Baik”. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKn meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Hasan Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2019-2020

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:13
Last Modified: 10 Jan 2025 04:13
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item