EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERKAIT PENANAMAN NORMA DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IX SMP SABILUTTAIBIN FULL DAY SCHOOL DESA SUMBERKERANG KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019

ROZID, MOH. (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERKAIT PENANAMAN NORMA DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IX SMP SABILUTTAIBIN FULL DAY SCHOOL DESA SUMBERKERANG KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul MOH. ROZID.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
13. daftar isi MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
8. abstrak MOH. ROZID.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
15. BAB I MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (107kB)
[img] Text
16. BAB II MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (127kB)
[img] Text
17. BAB III MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (108kB)
[img] Text
18. BAB IV MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (261kB)
[img] Text
19. BAB V MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (94kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (237kB)
[img] Text
4. lembar pernyataan keaslian MOH. ROZID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (304kB)

Abstract

Penanaman Norma dan Pembentukan Kepribadian terhadap peserta didik terutam ntuk meningkatkan pembelajaran tenteng Pendidikan PKn kini dirasa kurang optimal. Padahal yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat adalah norma dan kepribadian. Namun dalam hal semacam ini tentu tidak di inginkan oleh orang tua maupun guru di setiap sekolah tanpa terkecuali di SMP Sabiluttaibin full day school Desa Suberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Bertolah dari konteks yang terjadi dalam penelitian ini di fokuskan Tiga permasalahan : (1) Bagaimana Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019 (2) Bagaimana kendala dalam Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019 (3) Bagaimana solusi atau dukungan guru dalam Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. sedangkan untuk menganalisis data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo adalah Melalui : (a) Proses belajar mengajar dengan sangat baik dan kondusif (b) guru membuat RPP dan silabus sebelum melakukan KBM (c) untuk meningkatkan pembelajarn dikelas guru membuat strategi agar pembelajaran dikelas lebih menarik. Kendala dalam efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo adalah (a) faktor internal (b) faktor eksternal. Upaya yang dilakukan dalam penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik adalah memperhatikan dan menjalin hubungan yang baik dengan para wali murid dalam memberikan suatu perhatian khususnya para peserta didik. Berdasarkan hasil temuan diatas dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo pihak sekolah harus mampu mampu memberikan konstribusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan peneliti sarankan kepada lembaga tekait penanaman norma dan pembentukan kepribadian oleh seorang guru PPKn terhadap peserta didik agar dapat membuatu suatu metode pembelajaran, pemberian alokasi waktu serta peran guru wali kelas harus efektif terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran , Pendidikan PKn, Penanaman Norma dan Pembentukan Kepribadian
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2025 05:51
Last Modified: 10 Jan 2025 05:51
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item