IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BATIK RONGGO MUKTI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL PADA MATERI BELA NEGARA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IX MTs SUNAN GIRI KOTA PROBOLINGGO ( StudiKelas IX MTs Sunan Giri Kota Probolinggo)

TURROFIAH, HOSSESAH (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BATIK RONGGO MUKTI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL PADA MATERI BELA NEGARA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IX MTs SUNAN GIRI KOTA PROBOLINGGO ( StudiKelas IX MTs Sunan Giri Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER HOSSESAH TURROFIAH .pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK HOSSESAH TURROFIAH .pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB I HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (139kB)
[img] Text
BAB II HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (136kB)
[img] Text
BAB III HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (183kB)
[img] Text
BAB V HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HOSSESAH TURROFIAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (24kB)

Abstract

Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara adalah salah satu tujuan dari mempertahankan bela Negara. Setiap suatu bangsa mempunyai sejarah perjuangan dari para orang-orang terdahulu yang dimana terdapat banyak nilainilai nasionalis, patriolis dan lain sebagainya yang pada saat itu mengikat erat pada setiap jiwa warga negaranya. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang makin pesat, nilai-nilai tersebut makin lama makin hilang dari diri seseorang didalam bangsa, oleh karena itu perlu adanya pembelajaran untuk mempertahankan nilai-nilai tersebut agar terus menyatu dalam setiap warga Negara agar setiap warga Negara tahu hak dan kewajiban dalam mejalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Fokus Penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses penanaman nilai kebersamaan pada batik dalam membentuk karakter cinta budaya lokal kepada peserta didik kelas X di MTs Sunan Giri Kota Probolinggo (2) Bagaimana proses penanaman nilai keindahan pada batik dalam membentuk karakter cinta budaya lokal pada materi bela negara mata pelajaran PPKn (Studi pada kelas X MTs Sunan Giri Kota Probolinggo (3) Bagaimana implementasi nilai-nilai batik untuk membentuk karakter cinta budaya lokal pada materi bela negara mata pelajaran PPKn kelas X MTs Sunan Giri Kota Probolinggo (studi kelas X MTs Sunan Giri Kota Probolinggo). Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan nilai kebersamaan pada batik dalam materi bela negara erat kaitannya dengan membentuk karakter cinta budaya lokal melalui mata pelajaran PPKn (studi kelas X MTs Sunan Giri kota Probolinggo). (2) Untuk mendeskripsikan nilai keindahan pada batik dalam materi bela negara erat kaitannya dengan membentuk karakter cinta budaya lokal melalui mata pelajaran PPKn (studi kelas x MTs Sunan Giri kota Probolinggo). (3) Untuk mendeskripsikan imlementasi nila-nilai batik dalam mengatasi kendala menanamkan nilai-nilai batik melalui materi bela negara pada mata pelajaran PPKn kelas X MTs Sunan Giri kota Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunan Giri Kota Probolinggo, Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Kepala Sekolah, dan Guru. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan analisis hasil yang dipakai adalah menggunakan kualitatif dengan analisis data non statisti. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan nilai kebesamaan dan keindahan batik terdapat dalam diri peserta didik di MTs Sunan Giri Kota Probolinggo Peserta didik sudah menerapkannya dalam kegiatan sehari-haridari tugas kelompok maupun individu yang diberikan oleh guru. Peserta didik telah mencerminkan nilai-nilai yang diantaranya : (1) Nilai gotong royong (2) Nilai kebersamaan, dan (3) Nilai saling berbagi. Tidak semua peserta didik mencerminkan nilai-nilai tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan peserta didik hendaknya menyadari akan kewajibannya sebagai bangsa Indonesia yakni mencintai budaya- budaya lokal yang ada dinegaranya sendiri, bukan hanya itu, sebagai pelajar, pewaris, dan penerus bangsa, yaitu belajar dengan baik, mengikuti pengarahan dari orang tua dan guru serta patuh terhadap orang tua atau guru agar mencapai potensi yang baik.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, nilai-nilai kebersamaan dan keindahan, batik, pelajaran kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 14 Jan 2025 09:52
Last Modified: 14 Jan 2025 09:52
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item