HIDAYATI, LAILI (2017) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MAKSIMAL STUDI KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SMP ISLAM ISLAHIYAH KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI LAILI HIDAYATI .pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
11. DAFTAR ISI LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (352kB) |
||
|
Text
15. Abstrak LAILI HIDAYATI .pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text
16. BAB I LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (300kB) |
||
Text
17. BAB II LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (316kB) |
||
Text
18. BAB III LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (303kB) |
||
Text
19. BAB IV LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (581kB) |
||
Text
20. BAB V LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (257kB) |
||
Text
21. DAFTAR PUSTAKA LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (256kB) |
||
Text
4. HALAMAN PERNYATAN KEASLIAN LAILI HIDAYATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (234kB) |
Abstract
Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Islam Islahiyah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dikelas VIII tidak secara tuntas dilakukan oleh guru khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam melakukan evaluasi pembelajaran peserta didik masih banyak yang mengalami kegagalan dalam mencapai hasil belajar maksimal, misalnya dalam melaksanakan ulangan harian masih banyak peserta didik yang memperbaiki nilainya lagi untuk nilai ulangan harian yang memperoleh nilai rata-rata 60 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Peneliti juga mencatat bahwasannya teknik evaluasi yang sering dilakukan guru hanya menggunakan teknik tes tulis dan tes lisan. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui lebih lanjut pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam mencapai hasil belajar maksimal pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Islam Islahiyah Kabupaten Probolinggo Tahun ajaran 2017-2018. (2) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam mencapai hasil belajar maksimal pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Islam Islahiyah Kabupaten Probolinggo.(3) untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam mencapai hasil belajar maksimal. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun metode prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di SMP Islam Islahiyah yaitu : (1) Pada tahap persiapan yaitu : persiapan guru melaksanakan perangkat, Guru melakukan pengamatan dan identifikasi dari hasil nilai evaluasi. (2)Tahap kegiatan Inti yaitu : guru menyampaikan materi pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran, guru memberi pertanyaan dalam teknik penguasaan kelas melalui media pembelajaran. guru menggunakan teknik tes tulis dan tes lisan untuk memecahkan suatu permasalahan. (3)Tahap kegiatan akhir yaitu: guru memberkan tambahan nilai bagi yang menjawab pertanyaan dengan bagus dan apabila peserta didik mengerjakan mencapai KKM 75.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran , Hasil belajar Maksimal, PKn |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:47 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:47 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5066 |
Actions (login required)
View Item |