HOLIK, ABDUL (2018) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENURUNKAN ANGKA KESENJANGAN PARTISIPASI PENDIDIKAN MASYARAKAT (Studi pada SDN Sumbertaman 1 Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ABDUL HOLIK .pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
3. Daftar Isi ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (76kB) |
||
|
Text
ABSTAK ABDUL HOLIK .pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I ABDUL HOLIK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
6. BAB II ABDUL HOLIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (940kB) |
||
Text
7. BAB III ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (173kB) |
||
Text
8. BAB IV ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (346kB) |
||
Text
9. BAB V ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (79kB) |
||
Text
10. Daftar Pustaka ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (121kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN PERNYATAAN KEASLIAN ABDUL HOLIK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (324kB) |
Abstract
Program Indonesia Pintar adalah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk mengatasi persoalan-persoalan pendidikan di indonesia.Beragamnya jenis persoalan dan kebutuhan di bidang pendidikan akan menyebabkan adanya sebuah kesenjangan. Kesenjangan adalah sebuah ketidakseimbangan atau ketimpangan yang terjadi di dalam masyarakat. Kota Probolinggo mempunyai karakteristik masyarakat yang sangat heterogen. Latar belakangyang demikian,menjadikandesentralisasipendidikanyang dijalankan olehPemerintahKota Probolinggoberhadapandengantugaspelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan yang multikarakteristik.Keterbatasan ekonomi bagi warga kurang mampu yang berdampak pada rendahnya angka partisipasi pendidikan menyebabkan masih terdapat siswa putus sekolah pada tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pelaksanaan Program Indonesia Pintar berpengaruh dalam menurunkan angka kesenjangan partisipasi pendidikan masyarakat atau tidak sehingga kebijakan tersebut dapat dikatakan berhasil atau tidak. Penelitian ini menggunakanjenispenelitiankuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada polulasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai hubungan Pelaksanaan Program Indonesia PintardenganPartisipasi Pendidikan Masyarakat, maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Program Indonesia Pintar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Partisipasi Pendidikan Masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis korelasi Spearman bahwa hubungan Pelaksanaan Program Indonesia PintardenganPartisipasi Pendidikan Masyarakat di SDN Sumbertaman 1 adalahkuatmenujusangatkuat.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Indonesia Pintar (PIP), Kesenjangan, Partisipasi, Pendidikan |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:45 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:45 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5077 |
Actions (login required)
View Item |