FAUZIAH, KARREN ANNISA (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI KOMIK SEDERHANA MATERI MENGHITUNG KECEPATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PABEAN 1 KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
cover KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Daftar Isi KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (79kB) |
|
|
Text
Abstrak KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Download (13kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (181kB) |
|
![]() |
Text
BAB II KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (299kB) |
|
![]() |
Text
BAB III KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (201kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (556kB) |
|
![]() |
Text
BAB V KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (95kB) |
|
![]() |
Text
Daftar Pustaka KARREN ANNISA FAUZIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (80kB) |
Abstract
Berdasarkan keadaan yang ada, sebagian besar siswa masih belum tuntas pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ini karena mereka beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika masih terbilang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pabean 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo mata pelajaran Matematika dengan Modul Berorientasi Komik Sederhana. Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Pengembangan Bahan Ajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pabean 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, instrument penilaian terdiri dari latihan soal dan evaluasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Modul Berorientasi Komik Sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari latihan soal 60 meningkat menjadi 69,5 pada evaluasi. Ketuntasan belajar meningkat dari latihan soal 40% menjadi 75% pada evaluasi. Secara keseluruhan dari latihan soal dan evaluasi terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Pabean 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan Modul Berorientasi Komik Sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pabean 1 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo pada mata pelajaran Matematika dengan materi Menghitung Kecepatan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Berorientasi Komik Sederhana, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:22 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:22 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |