PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI DARUL ULUM KARENG KIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, WIGIANA NOVITA (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI DARUL ULUM KARENG KIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNSPECIFIED thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI WIGIANA NOVITA SARI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
10. DAFTAR ISI WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK WIGIANA NOVITA SARI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
14. BAB I PENDAHULUAN WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (119kB)
[img] Text
15. BAB II KAJIAN PUSTAKA WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (181kB)
[img] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (145kB)
[img] Text
17. BAB IV PAPARAN DATA WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (371kB)
[img] Text
18. BAB V PEMBAHASAN WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (133kB)
[img] Text
19. BAB VI PENUTUP WIGIANA NOVITA SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum pada pelajaran IPA dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopskin dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum yang berjumlah 25 siswa dan objeknya adalah hasil belajar IPA pada materi gaya. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar IPA ranah kognitif dan observasi untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta mengamati keterlaksanaan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team oleh guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA baik ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif peningkatan hasil belajar IPA siswa dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Pada pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 50 dan pada siklus I meningkat menjadi 63,6 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 52% serta di siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 74,2 dengan persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 76%. Adapun pada ranah afektif rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklus, siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 6,48 dengan persentase 72% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 7,44 dengan persentase 82,6%. Begitu juga dengan ranah psikomotor yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 5,52 dengan persentase 61,3% dan mengalami peningkatan siklus II dengan rata-rata hasil belajar sebesar 6,92 dengan persentase 76,8%

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team, Hasil Belajar IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2025 05:45
Last Modified: 15 May 2025 05:45
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item