Anam, Hoirul (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SDN MUNENG LERES KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
01. HALAMAN JUDUL Hoirul Anam.pdf Download (54kB) | Preview |
|
![]() |
Text
10. DAFTAR ISI Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (23kB) |
|
|
Text
07. ABSTRAK Hoirul Anam.pdf Download (22kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14. BAB I Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (43kB) |
|
![]() |
Text
15. BAB II Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (93kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB III Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (129kB) |
|
![]() |
Text
17. BAB IV Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (550kB) |
|
![]() |
Text
18. BAB V Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (28kB) |
|
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA Hoirul Anam.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (30kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di sekolah khususnya Bahasa Indonesia, harus benar-benar dapat melatih dan membiasakan siswa agar miliki keterampilan berbicara yang baik. Namun pada kenyataannya, Pembelajaran Bahasa Indonesia terkait pengembangan keterampilan berbicara masih belum terlaksana secara optimal, di sebabkan oleh kurangnya minat berbicara siswa ketika mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dibuktikan melalui rendahnya nilai keterampilan berbicara yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas IV SDN Muneng Leres. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Muneng Leres dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri Muneng Leres yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 19 siswa lakilaki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Muneng Leres dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,7, dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 66,4. Pada siklus II meningkat sebesar 11,3 dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 76.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, kooperatif tipe Jigsaw |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:45 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:45 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |