UPAYA MENGATASI KENAKALAN ANAK DENGAN BIMBINGAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DI MI SUNAN AMPEL KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2016-2017

Khairulummi, Ifin (2017) UPAYA MENGATASI KENAKALAN ANAK DENGAN BIMBINGAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DI MI SUNAN AMPEL KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI IFIN KHAIRULUMMI .pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI IFIN KHAIRULUMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (61kB)
[img] Text
BAB 1 IFIN KHAIRUL UMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2 IFIN KHAIRUL UMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (171kB)
[img] Text
BAB 3 IFIN KHAIRUL UMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (140kB)
[img] Text
BAB 4 IFIN KHAIRUL UMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (173kB)
[img] Text
BAB 5 IFIN KHAIRULUMMI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IFIN KHAIRUL UMMI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (74kB)

Abstract

Kenakalan berasal dari kata “nakal” yang berarti kurang baik (tidak menurut, dan mengganggu) terutama pada anak-anak. Istilah lain kenakalan anak adalah juvenile delinquency ialah perilaku jahat (dursila) atau kenakalan anakanak muda; merupakan gejala sakit (patalogis) secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial, sehingga mereka itu mengembangkan bentuk tingkah laku yang menyimpang Pendidikan moral pancasila sebagai salah satu pendidikan yang mempersiapkan seorang agar dapat berpikir, merasakan dan bertindak sesuai dengan kaidah kesusilaan atau kebiasaan serta nilai-nilai yang berlaku pada suatu kelompok masyarakat tertentu. Upaya mengatasi kenakalan anak dengan bimbingan Pendidikan Moral Pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel mempunyai keunikan tersendiri dimana seluruh peserta didik berserta tenaga pendidik saling berinteraksi dalam suatu kompleks tertentu yang mandiri sehingga dapat menumbuhkan ciri-ciri khas sekolah Madrasah Ibtidaiyah, seperti: adanya hubungan yang akrab antara siswa dan guru, siswa taat dan patuh pada gurunya, para siswa hidup secara mandiri dan sederhana, adanya semangat gotong-royong dalam suasana penuh persaudaraan, para siswa terlatih hidup berdisiplin dan tirakat. Penelitian bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan pendidikan moral pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, (2) untuk memaparkan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan moral pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, (3) untuk memaparkan Upaya Mengatasi Kenakalan Anak dengan Bimbingan Pendidikan Moral Pancasila di MI Sunan Ampel Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di MI Sunan Ampel Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, bulan februari sampai dengan Maret 2017. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan peserta didik Sekolah MI Sunan Ampel. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) bentuk-bentuk pendidikan moral pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel diantaranya: Istighasah dan Pramuka. (2) kendala yang dihadapi Sekolah MI Sunan Ampel dalam pelaksanaan pendidikan moral Pancasila adalah fasilitas sekolah yang masih kurang memadai dan perlu ii ada perbaikan, banyaknya siswa yang kurang mampu dan latar belakang siswa,. (3) Upaya Mengatasi Kenakalan Anak dengan Bimbingan pendidikan moral pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel adalah beribadah kepada Allah SWT.Adapun kegiatan-kegiatan yang berada di Sekolah MI Sunan Ampel antara lain kegiatan sholat sunnah dhuha, membaca surat al-waqi’ah dan membaca Burdah. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan sekolah melaksanakan upaya mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan moral pancasila di Sekolah MI Sunan Ampel dengan secepatnya dan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan Pendidikan Moral Pancasila yaitu menjadikan siswa menjadi sosok pribadi yang terdidik secara moral dan berakhlak mulia, pendidik di Sekolah Menengah MI Sunan Ampel diharapkan dapat menjadi figur dan contoh yang teladan bagi siswa melalui sikap sehari-hari sehingga siswa dapat mencontoh figur pendidiknya, siswa harus selalu tekun belajar dan mengamalkan ajaran agama dalam berbagai bidang kehidupan, karena dengan mengamalkan ajaran agama dengan benar akan berdampak kepada kehidupan sosial kelak.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan anak, Pendidikan Moral Pancasila
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:32
Last Modified: 31 Aug 2018 04:32
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item