PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MIFTAHUL JANNAH WANGKAL KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017

NISAK, SHOLEHATUN (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MIFTAHUL JANNAH WANGKAL KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL SHOLEHATUN NISAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SHOLEHATUN NISAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB I SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (178kB)
[img] Text
BAB II SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (264kB)
[img] Text
BAB III SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (236kB)
[img] Text
BAB V SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)
[img] Text
ARTIKEL SHOLEHATUN NISAK.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (24kB)

Abstract

Dalam masing-masing siswa memiliki motivasi yang berbeda-beda.Ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi da nada juga siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah.Untuk menumbuhkan motivasi beljar yang tinggi, maka peranan guru dan siswa itu sendiri sangatlah dibutuhkan, sebab hanya seorang gurulah dan siswa itu sendiri yang mampu menumbuhka nmotivasi belajar siswa pada saat berada di dalam kelas serta seorang gurulah yang dapat menentukan keberhasilan program pendidikan di Sekolah. Hal inilah yang terjadi di saat di jam pelajaran PPKn, banyak siswa yang sibuk sendiri bercerita dengan teman sebangkunya, ada yang bermain dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Atas dasar itulah maka peneliti dalam penelitian ini mengangkat judul Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2016-2017. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena data-data dianalisa dalam bentuk paparan bahasa, katakata,gambar, dan bukan angka. Cara pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bentuk penyajian datanya pun bersifat naratif yang artinya menceritakan suatu obyek penelitian yang telah dtemui oleh peneliti. Hasil penelitian yang peneliti ketahui mengenai Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2016-2017yaitu Guru sebagai direkturpengajaranyang berperansebagai perencanaan dan pengelolaan hasil belajar, gurulah yang menjadi tolak ukur dalam belajar mengajar berlangsung. Sebagai motivator dan pembimbing, guru membangkitkan minat belajar siswa dan membimbing siswa untuk mendapatkan nilai yang baik.. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Guru dalam meningkatkanmotivasibelajarsiswanya yaitu kegiatan belajar yang selalu menggunakan metode yang sama setiap waktu sehingga membuat siswa merasa mengantuk dan merasa bosan untuk memperhatikan dan mengikuti saran yang telah di berikan oleh guru.. Selain itu upaya-upaya Guru dalam meningkatkanmotivasibelajar siswa yaitu dengan cara menyenangkan dan menghilangkan persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn yang terkenal membosankan. Sebab jika tidak mengubah pandangan siswa, siswa tidak akan berminat untuk mau belajar PPKn, serta akan mengabaikan pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2018 09:25
Last Modified: 01 Sep 2018 09:25
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item