PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA (KELAS III DI SD ISLAM FATAHILLAH DESA SUMBER KERANG KABUPATEN PROBOLINGGO)

JANNAH, MIFTAHUL (2019) PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA (KELAS III DI SD ISLAM FATAHILLAH DESA SUMBER KERANG KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
BAB I MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (601kB)
[img] Text
BAB II MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (646kB)
[img] Text
BAB III MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (17MB)
[img] Text
BAB V MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (533kB)
[img] Text
BAB VI MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media diorama. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media diorama meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan sebanyak 9 orang peserta didik (90%) mendapatkan nilai belum tuntas dan 1 orang peserta didik (10%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus pertama mengalami peningkatan yang mana 4 orang peserta didik (40%) siswa memperoleh nilai belum tuntas dan 6 orang peserta didik (60%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus 2 data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang siginifikan yaitu 1 orang peserta didik (10%) belum memperoleh nilai tuntas dan 9 orang peserta didik (90%) telah memperoleh nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, IPS, Hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Nov 2020 03:49
Last Modified: 13 Nov 2020 03:49
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item