JANNAH, MIFTAHUL (2019) PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA (KELAS III DI SD ISLAM FATAHILLAH DESA SUMBER KERANG KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK MIFTAHUL JANNAH.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
BAB I MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (601kB) |
||
Text
BAB II MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (646kB) |
||
Text
BAB III MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (808kB) |
||
Text
BAB IV MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (17MB) |
||
Text
BAB V MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (533kB) |
||
Text
BAB VI MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (569kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media diorama. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media diorama meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan sebanyak 9 orang peserta didik (90%) mendapatkan nilai belum tuntas dan 1 orang peserta didik (10%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus pertama mengalami peningkatan yang mana 4 orang peserta didik (40%) siswa memperoleh nilai belum tuntas dan 6 orang peserta didik (60%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus 2 data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang siginifikan yaitu 1 orang peserta didik (10%) belum memperoleh nilai tuntas dan 9 orang peserta didik (90%) telah memperoleh nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Diorama, IPS, Hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 03:49 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 03:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1503 |
Actions (login required)
View Item |