PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII DI MTs. RADEN FATAH TAROKAN KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019-2020

NOERHAYATI, (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII DI MTs. RADEN FATAH TAROKAN KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NOERHAYATI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NOERHAYATI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB I NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (268kB)
[img] Text
BAB II NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (269kB)
[img] Text
BAB III NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (337kB)
[img] Text
BAB V NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOERHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kreativitas belajar siswa di sekolah. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh dari metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VIII di MTs. Raden Fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo tahun 2019-2020. Sehingga peneliti berinisiatif untuk menerapkan metode ini pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui adakah pengaruh dari penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VIII di MTs. Raden Fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo tahun 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan teknik pengambil sampelnya menggunakan non probabilitas sampling atau disebut sampel jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah siswa yang ada di MTs. Raden Fatah terutama di kelas VIII hanya berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) pretest dan posttest dengan bentuk soal dan pilihan jawaban menggunakan tanda chek list pada pilihan yng sudah disediakan. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : nilai t hitung > t tabel atau sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa di MTs. Raden fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Jadi dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya, ada pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa di MTs. Raden Fatah.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Mind Mapping, Kreativitas.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2020 02:53
Last Modified: 21 Nov 2020 02:53
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item