NOERHAYATI, (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII DI MTs. RADEN FATAH TAROKAN KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI NOERHAYATI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (80kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NOERHAYATI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB I NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (268kB) |
||
Text
BAB II NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (269kB) |
||
Text
BAB III NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (437kB) |
||
Text
BAB IV NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (337kB) |
||
Text
BAB V NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA NOERHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kreativitas belajar siswa di sekolah. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh dari metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VIII di MTs. Raden Fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo tahun 2019-2020. Sehingga peneliti berinisiatif untuk menerapkan metode ini pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui adakah pengaruh dari penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VIII di MTs. Raden Fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo tahun 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan teknik pengambil sampelnya menggunakan non probabilitas sampling atau disebut sampel jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah siswa yang ada di MTs. Raden Fatah terutama di kelas VIII hanya berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) pretest dan posttest dengan bentuk soal dan pilihan jawaban menggunakan tanda chek list pada pilihan yng sudah disediakan. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : nilai t hitung > t tabel atau sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa di MTs. Raden fatah Tarokan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Jadi dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya, ada pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa di MTs. Raden Fatah.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Metode Mind Mapping, Kreativitas. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Nov 2020 02:53 |
Last Modified: | 21 Nov 2020 02:53 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1543 |
Actions (login required)
View Item |