PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN KEDOPOK 2 KOTA PROBOLINGGO

HIDAYAT, RIAN (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN KEDOPOK 2 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RIAN HIDAYAT.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIAN HIDAYAT.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB I RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (595kB)
[img] Text
BAB II RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (705kB)
[img] Text
BAB III RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (723kB)
[img] Text
BAB V RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (662kB)
[img] Text
BAB VI RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (573kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIAN HIDAYAT.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (475kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPA di SD Negeri Kedopok 2 adalah guru dalam pembelajaran belum menggunakan multimedia belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif serta belum menggunakan model kooperatif tipe picture and picture hanya penguasaan konsep-konsep saja dan belum dikaitkan dengan media nyata yang ada di sekitar siswa. Kemampuan berpikir siswa kurang dioptimalkan menjadi lebih kritis dan lebih aktif melalui kerja sama sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kedopok 2 dalam pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe picture and picture. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model kooperatif tipe picture and picture menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Negeri Kedopok 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 20 dengan kriteria baik, Siklus II dengan skor 27 dengan kriteria baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 12 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh skor 18 dengan kriteria baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 31% dan siklus I pertemuan II 62%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 72% dan siklus II pertemuan II sebesar 83%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Saran adalah guru dapat menggunakan model kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain dan kelas lain.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, kooperatif tipe Picture and Picture.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:54
Last Modified: 22 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item