PENERAPAN METODE BERVARIASI TERHADAP PEMBELAJARAN IPA CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER II SDN REJING III KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

BAIDOWI, (2021) PENERAPAN METODE BERVARIASI TERHADAP PEMBELAJARAN IPA CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER II SDN REJING III KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI BAIDOWI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAIDOWI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB I BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (138kB)
[img] Text
BAB II BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (183kB)
[img] Text
BAB III BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (341kB)
[img] Text
BAB V BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BAIDOWI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)

Abstract

Penggunaan metode yang bervariasi dapat menjembatani gaya-gaya belajar anak didik dalam mentyerap bahan pelajaran. Umpan balik dari anak didik akan bangkit sejalan dengan penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan kondisi psikologis anak didik. Tujuan penelitian ini 1) Untuk megetahui Penerapan Metode Bervariasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Rejing III kecamatan Tiris kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Rejung III Kecamatan Tiris kabuapten Probolinggo melalui metode bervariasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V semester II SD Negeri Rejing III kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2020/2021, adapun penelitian ini diadakan bulan Juni tahun 2021. dengan jumlah siswa 20 anak. Pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing meliputi Planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan) dan replecting (refleksi) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Bervariasi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil belajar IPA meningkat dari sebelum penelitian adalah : 62,5 pada siklus I adalah : 72,5 siklus II adalah : 83. Hal ini menandakan keberhasilan dalam meningkatkan minat maka secara langsung prestasi belajar pada siswa di SD Negeri Rejing III kecamatan Tiris kabupaten Probolinggo akan meningkat dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bervariasi, Prestasi Belajar IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:24
Last Modified: 24 Feb 2023 02:24
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item