HIDAYATI, ALVINA (2022) HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP ISLAM TARBIYATUL HASAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ALVINA HIDAYATI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI ALVINA HIDAYATI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ALVINA HIDAYATI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ALVINA HIDAYATI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ALVINA HIDAYATI.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ALVINA HIDAYATI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ALVINA HIDAYATI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ALVINA HIDAYATI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ALVINA HIDAYATI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Merosotnya karakter pada anak sudah sering kita jumpai ditengah-tengah masyarakat. Untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai karakter perlu ditanamkan kembali pendidikan karakter dalam diri siswa. Hidden curriculum merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan karakter yang perlahan-lahan sudah mulai terkikis. Skripsi ini menjelaskan tentang hidden curriculum dalam pembentukan karakter melalui mata pelajaran PPKn di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Rumusan masalah dalam peneliti ini yaitu 1. Bagaimana implementasi hidden curriculum dalam pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. 2. Bagaimana penerapan pembentukan karakter melalui hidden curriculum pada siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. 3. Apa saja hambatan dalam implementasi hidden curriculum pada mata pelajaran PPKn di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. 4. Bagaimana upaya dalam mengatasi pembentukan karakter melalui hidden curriculum dalam mata pelajaran PPKn di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Sedangkan fokus penelitian ini kepada 1. Tingkah laku guru kepada siswa diluar maupun didalam kelas, 2. Interaksi guru dengan siswa 3. Kreativitas guru dalam mengajar 4. Kerjasama antara guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan narasumber yang diambil kepala sekolah, guru PPKn dan siswa kelas VII di SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan-kegiatan hidden curriculum dalam pembentukan karakter disekolah SMP Islam Tarbiyatul Hasan berupa istighosah. Kegiatan ini tidak hannya mengedepankan nilai intelektual saja melainkan juga mementingkan nilai spiritual. Pembentukan karakter melalui kegitan istigosah yang diterapkan telah mencakup didalamnya seperti pembinaan akidah, pembinaan ibadah dan pembinaan akhlak. Dimana sasaran utama dari pelaksanaan ini yaitu penerapan nilai-nilai akidah didalam diri siswa. Pembinaan akidah yang diharapkan seperti tanggung jawab dan disiplin.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, pembentukan karakter, PPKn. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 04:19 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 04:19 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4084 |
Actions (login required)
View Item |