PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL

Juarsono, Bagus (2022) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI BAGUS JUARSONO.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI BAGUS JUARSONO.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAGUS JUARSONO.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BAGUS JUARSONO.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BAGUS JUARSONO.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III BAGUS JUARSONO.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV BAGUS JUARSONO.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V BAGUS JUARSONO.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAGUS JUARSONO.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role palyingg di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 pada maret-april 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan Action Researchdengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan metode pembelajaran role playing yang diperoleh melalui metode PTK,wawancaradan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian, guru kelas dan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Pendil. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gendingsudah terlaksana dimulai dari Pratindakan Siklus 1 dan Siklus 2 yang terdiri dari Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing)refleksi (reflection). Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPA materi pokok sistem pencernaan manusia di SD Muhammaidyah Pendil dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswadengan hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 56,4% kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 74,64%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,14%

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Role Playing, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:49
Last Modified: 30 Nov 2023 05:49
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item