Juarsono, Bagus (2022) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI BAGUS JUARSONO.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI BAGUS JUARSONO.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAGUS JUARSONO.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I BAGUS JUARSONO.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II BAGUS JUARSONO.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III BAGUS JUARSONO.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV BAGUS JUARSONO.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V BAGUS JUARSONO.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA BAGUS JUARSONO.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (907kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role palyingg di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 pada maret-april 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan Action Researchdengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan metode pembelajaran role playing yang diperoleh melalui metode PTK,wawancaradan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian, guru kelas dan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Pendil. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gendingsudah terlaksana dimulai dari Pratindakan Siklus 1 dan Siklus 2 yang terdiri dari Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing)refleksi (reflection). Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPA materi pokok sistem pencernaan manusia di SD Muhammaidyah Pendil dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswadengan hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 56,4% kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 74,64%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,14%
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Role Playing, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:49 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 05:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4085 |
Actions (login required)
View Item |