PENGARUH PENERAPAN MODEL KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI GENDING 1 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

WIDYATI, CHICIE ARINDA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI GENDING 1 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA CHICIE ARINDA WIDYATI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kolaboratif, hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Gending 1 Pada Pembelajaran Tematik, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian peserta didik kelas II SD Negeri Gending 1. Adapun instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis statistik komparatif, membandingkan hasil tes kelas eksperimen dengan hasil tes kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta sebelum penerapan model pembelajaran kolaboratif sebesar 69,69 dan nilai rata – rata setelah menggunakan metode kolaboratif yaitu 82,50 sehingga peningkatanya sebesar 12,81. Selanjutnya berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung 15,694. Nilai t tabel dengan df 32 pada taraf signifikan 5% adalah 1,753. Oleh karena itu thitung > ttabel ( 15,694 > 1,753) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari pada 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan pada skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen atau yang diberikan model Kolaboratif.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kolaborasi, Tematik, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:05
Last Modified: 11 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item