QIBTIYAH, NORA DILLA (2022) PENGARUH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD INTEGRAL HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NORA DILLA QIBTIYAH.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar IPA. Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilatarbelakangi oleh kebutuhan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menghubungkan dan atau memadukan pengetahuan yang telah lalu dengan pengetahuan baru, kemudian dikembangkan untuk mencapai suatu tujuan atau memecahkan suatu permasalahan yang muncul. Data di SD Integral Hidayatullah Kota Probolinggo menunjukkan telah menerapkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebesar 20%. Namun, keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA masih rendah. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini terfokus apakah Higher Order Thinking Skills (HOTS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan uji prasyarat analisa data dengan bantuan Kolmogorov-Smirnov dan Levene Statistic serta uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for Windows menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skills (HOTS) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Hal tersebut telah dibuktikan berdasarkan data yang berasal dari uji hipotesis yang menggunakan Independent Sample T-Test pada SPSS 25 for Windows. Nilai thitung > ttabel, yakni 5,772 > 1,691 dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan perhitungan tersebut maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat penting untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang yang berkualitas sehingga dapat menciptakan SDM yang memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Higher Order Thinking Skills (HOTS), Hasil Belajar, IPA. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:22 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:22 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4135 |
Actions (login required)
View Item |