INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ELECTRONIC SERVICE QUALITY PADA APLIKASI LAPAK PROBOLINGGO DI KANTOR KELURAHAN SIDOMUKTI KECAMATAN KRAKSAAN

ASTUTIK, MURTIAS PUJI (2022) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ELECTRONIC SERVICE QUALITY PADA APLIKASI LAPAK PROBOLINGGO DI KANTOR KELURAHAN SIDOMUKTI KECAMATAN KRAKSAAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA MURTIAS PUJI ASTUTIK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Salah satu terciptanya good governance atau pemerintahan yang baik yang diberikan kepada masyarakat merupakan kualitas pelayanan publik. Di era revolusi industri 4.0 setiap lembaga pemerintah diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yaitu dengan cepat memberikan layanan berbasis teknologi menghadapi era digitalisasi. Salah satunya di tingkat kelurahan yang merupakan lembaga pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat. Banyak terjadi masalah di tingkat kelurahan seperti diantaranya tidak adanya kejelasan informasi tentang aplikasi Lapak Probolinggo pada masyarakat, kurangnya informasi dari petugas penyelenggara pelayanan dan waktu yang dijanjikan belum sesuai dengan prosedur yang ada. Ketidaksesuaian waktu mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan tersebut. Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang memiliki inovasi layanan berbasis teknologi secara online. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan berbasis internet melalui aplikasi Lapak Probolinggo di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sesuai dengan rumusan masalah yang bersifat deskriptif. Penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis pendekatan induktif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan yang memenuhi kriteria. Adapun kriteria tersebut adalah masyarakat yang memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo dan sudah mendownload serta menggunakan aplikasi layanan berbasis internet yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Sampel penelitian berjumlah 100 responden sesuai dengan jumlah minimal responden dalam penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat, maka kualitas pelayanan berbasis internet melalui aplikasi Lapak Probolinggo di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan memperoleh hasil konversi IKM sebesar 72,75. Kinerja unit layanan pelayanan berbasis internet melalui aplikasi Lapak Probolinggo di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan berada dalam mutu pelayanan “C” dengan kategori “Kurang Baik”.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat, Internet, Pelayanan Publik
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:12
Last Modified: 29 Dec 2023 02:12
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item