ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA AMBULU KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

HIDAYATI, YULIA NURUL (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA AMBULU KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA YULIA NURUL HIDAYATI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan zaman globalisasi ini, kemajuan teknologi yang semakin canggih yang telah membawa tuntunan masyarakat terhadap pemerintah dalam melayani yang cukup efektif dan efisien. Desa ambulu dalam melayani pelayanan administrasi untuk kebutuhan masyarakat juga menggunakan layanan aplikasi LAPAK yang ada didaerah kabupaten probolinggo. Pemerintahan daerah dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat tentunya melalui perangkat-perangkat daerah atau pegawai, salah satunya ialah yang ada di kantor desa ambulu kecamatan sumberasih kabupaten probolinggo dalam memenuhi kebutuhan serta kepentingan masyarakat dalam aspek pelayanan. Dalam proses melakukan pelayanan publik, pemerintah wajib memiliki satuan ukur atau penilaian yang dapat dijadikan sebuah tuntunan dalam mencapai pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan merupakan penilaian keseluruhan yang dilaksanakan petugas/pegawai dalam melakukan layanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat/pelanggan yang ada di instansi pelayanan publik. Masyarakat juga mempunyai penilaian dalam pelayanan publik yang diberikan oleh pegawai maupun petugas yang ada di pemerintah desa. Kepuasan masyarakat juga dapat ditunjukkan melalui sikap masyarakat dan akan terlihat dari hasil melayani pelayanan yang baik dan berkualitas. Semakin baik kualitas pelayanan hasil yang didapatkan, maka kepuasan masyarakat akan semakin baik dan peningkatan yang akan semakin membaik dan akan menghasilkan nilai yang lebih baik dari pemerintah desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan kepuasan masyarakat yang ada di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sesuai dengan rumusan masalah yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket yang akan dibagikan ke masyarakat/responden dengan jumlaah 100 orang. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kinerja pegawai secara simultan terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan vii pernyataan, jika F hitung ≥ F tabel atau nilai signifikan < 0,05. Kemudian, hasil F Hitung lebih besar dari F tabel yakni 35,957 > 2,75 maka Ha diterima, yang berarti kualitas pelayanan dan kinerja pegawai secara simultan ada pengaruh terhadap kepuasan masyarakat di desa ambulu kecamatan sumberasih kabupaten probolinggo. Yang artinya variabel indenpenden secara simultan terhadap variabel dependen mempunyai hubungan yang arah. Penilaian kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat yang baik dapat dilihat dengan cara berinisiatif dalam melakukan pelayanan publik. Dengan itu, pendekatan dengan masyarakat harus lebih menjaga hubungan atau komunikasi di setiap devisi dalam melakukan pelayanan dan dapat menciptakan daya saing yang cukup baik dari devisi agar lebih mudah mengetahui pelayanan apa yang di butuhkan masyarakat dan lebih mudah mencari cara mengembangkan dan meningkatkan pelayanan lebih baik dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai, Kepuasan Masyarakat.
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:33
Last Modified: 03 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item