IMPLEMENTASI CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO MENGGUNAKAN METODE TF-IDF

PRATAMA, FERRY AGUS (2022) IMPLEMENTASI CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO MENGGUNAKAN METODE TF-IDF. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FERRY AGUS PRATAMA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PALGIASI.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar universitas sekarang menggunakan siakad (Sistem Informasi Akademik) untuk menyediakan informasi seputar akademik. Dari segi pelayanan, perguruan tinggi perlu memberikan layanan terbaik agar masyarakat kampus mudah dalam mendapatkan informasi utamanya mahasiswa. penerapan chatbot dapat menjadi terobosan untuk menyediakan informasi dalam bentuk layanan komunikasi yang interaktif. Pada penelitian ini mengimplementasikan chatbot sebagai virtual assistant yang dapat digunakan sebagai layanan komunikasi untuk menyediakan informasi akademik bagi masyarakat umum maupun bagi civitas akademik kampus Universitas Panca Marga Probolinggo. Adapun tahapan pengembangan chatbot ini menggunakan metode waterfall diantaranya adalah analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Dataset yang penulis gunakan sebagai sumber pengetahuan chatbot adalah buku pedoman akademik serta beberapa sampel pertanyaan dari mahasiswa dan masyarakat umum sebagai acuan dokumen tambahan dari pertanyaan yang sering diajukan seputar akademik. Adapun metode yang digunakan untuk pembelajaran chatbot adalah Tf-Idf (Term Frequency Inverse-Document Frequency) dan VSM (vector space model) untuk pembobotan kata dengan model ruang vector pada dokumen serta query. untuk menghitung similarity (kemiripan) antara dokumen dan query penulis menggunakan Cosine similarity. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, tingkat akurasi mencapai 85,7% dan pengujian UAT(user acceptance test) mencapai 84,1% dengan 30 responden pada pengujian pertama, dan pengujian UAT(user acceptance test) mencapai 82,1% dengan 92 responden pada pengujian kedua. Hasil akhir dari penelitian ini adalah implemetasi chatbot yang dapat dijadikan virtual assistant sebagai bentuk layanan komunikasi yang interaktif menyediakan informasi seputar akademik universitas panca marga probolinggo secara real time dan responsif.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: chatbot, virtual assistant, Tf-Idf (term frequency-inverse document frequency), vsm (vector space model), Waterfall.
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:16
Last Modified: 04 Jan 2024 03:16
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item