HIDAYAWATI, CITRA KUSUMA (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA TEMA 7 KEBERSAMAAN DI SD NEGERI KALIACAR 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA CITRA KUSUMA HIDAYAWATI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian di SD Negeri Kaliacar 1 Kabupaten Probolinggo menunjukkan hasil belajar siswa yang rendah >50% masih dibawah kkm, guru kurang kreativitas menciptakan media pembelajaran dan penguasaan kelas sehingga siswa merasa cepat bosan dalam belajar. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar big book sebagai upaya mengatasi permasalahan. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) mengembangkan penggunaan model PTK Kemmis & Mc Taggart dengan 2 siklus setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan jadi keseluruhan ada 4 pertemuan. Siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap yakni perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas II SD Negeri Kaliacar 1 Kabupaten Probolinggo berjumlah 6 siswa, diantaranya 2 laki-laki dan 4 perempuan. Data tes hasil belajar dianalisis menggunakan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal. Sedangkan, observasi melalui lembar pengamatan yang diamati oleh observer menggunakan nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan interval kriteria nilai. Hasil penelitian yaitu untuk observasi pada komponen guru dan siswa dilakukan pada siklus I dan siklus II setiap pertemuan. Hasil belajar siswa dapat dilihat bahwa siklus I hanya 33% dengan nilai rata-rata 63 lalu meningkat setelah menggunakan media gambar big book pada siklus II menjadi 83%. Sehingga, dapat dikatakan dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan sebesar 50% secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media gambar big book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kaliacar 1 Kabupaten Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Big Book, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 03:26 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:26 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4248 |
Actions (login required)
View Item |