AGUSTIN, DWI (2023) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA PINTAR (UTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA KERAGAMAN BUDAYA DI SDN DRINGU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DWI AGUSTIN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI DWI AGUSTIN.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DWI AGUSTIN.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I DWI AGUSTIN.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II DWI AGUSTIN.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III DWI AGUSTIN.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV DWI AGUSTIN.pdf Download (762kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DWI AGUSTIN.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DWI AGUSTIN.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Data di SDN Dringu menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran, terutama mata pelajaran Imu Pengetauan Sosial (IPS) pada siswa kelas V yang berakibat pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh kurangnya penggunaan dan perkembangan media pembelajaran yang digunakan guru. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadapakan penelitian mengenai penggunaan media Ular Tangga Pintar (UTAR) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Dringu. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana penggaruh media Ular Tangga Pintar (UTAR) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS tema keragaman budaya di SDN Dringu tahun ajaran 2022/2023. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengetahui pengaruh penggunaaan media Ular Tangga Pintar (UTAR) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS tema keragaman budaya di SDN Dringu tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen jenis preeksperimental dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dringu pada kelas V yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal pretest dan posttest pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) observasi, 2) angket hasil belajar, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) UTAR sebagai media ajar yang dirancang sesuai perkembangan dan karakteristik siwa sehingga dapat memotivasi siswa kelas V dalam memahami materi keragaman budaya pada mata pelajaran IPS dilihat dari nilai yang diperoleh siswa yang mulanya dikatagorikan rendah setelah menggunakan media ajar dikatagorikan tinggi, 2) Media Ular Tangga Pintar (UTAR) sangat berpengaruh terhadap hasil siswa dilihat melalui angket hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Media Ular Tangga Pintar, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 05:50 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 05:50 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4250 |
Actions (login required)
View Item |