IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN MANGUNHARJO 1 KOTA PROBOLINGGO

BELLA, ZHALZA ICHA BELITA ARMISTA (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN MANGUNHARJO 1 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ZHALZA ICHA.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ICHA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ZHALZA ICHA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ZHALZA ICHA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ZHALZA ICHA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ZHALZA ICHA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ZHALZA ICHA.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ZHALZA ICHA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ZHALZA ICHA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Sekolah SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo telah melaksanakan Gerakan Literasi oleh semua kelas dari kelas rendah maupun kelas tinggi dalam meningkatkan minat baca siswanya. Sekolah ini juga terbagi antara Literasi Kelas dan Literasi Perpustakaan. Sekolah ini juga terdapat pojok kelas baca serta lingkungan yang kaya akan literasi, juga memiliki perpustakaan yang representatif serta memotivasi agar anak tidak hanya terpaku membaca buku teks pelajaran, melainkan membaca buku non teks pelajaran. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan, 2) Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan, 3) Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan, 2) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan, 3) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi fenomenologi. Metode penentuan subjek menggunakan purpossive dan snowball. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini : Pertama, tahap pembiasaan yaitu Kegiatan membaca 15 menit dengan nyaring atau didalam hati. Kedua, tahap pengembangan yaitu membaca 15 menit sebelum pelajaran. Ketiga, tahap pembelajaran yang sudah dilaksanakan di SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo yaitu buku pengayaan yang digunakan dalam semua mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Mangunharjo 1 Kota Probolinggo terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan tahap pembelajaran.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:01
Last Modified: 20 Feb 2024 02:01
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item