IMPLEMENTASI NILAI – NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI SMP TARUNA DRA.ZULAEHA LECES KABUPATEN PROBOLINGGO

AGUSTIN, FIANA (2023) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI SMP TARUNA DRA.ZULAEHA LECES KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FIANA AGUSTIN.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FIANA AGUSTIN.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIANA AGUSTIN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIANA AGUSTIN.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIANA AGUSTIN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIANA AGUSTIN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FIANA AGUSTIN.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIANA AGUSTIN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIANA AGUSTIN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Secara umum nilai-nilai karakter pengembangan diri siswa di SMP Taruna Dra. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo sudah baik, namun ternyata masih ada beberapa siswa yang belum mengetahui tentang kegiatan pengembangan diri di SMP Taruna Dra. Zulaeha Leces. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengungkap masalah implementasi nilai karakter dalam pengembangan diri siswa di SMP Taruna Dra. Zulaeha Leces, Kabupaten Probolinggo. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Taruna Dra. Zulaeha Leces. Sumber data yang digunakan peneliti adalah prosedur pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknis, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan penerapan nilai karakter dalam kegiatan pengembangan diri siswa sudah berkembang dan mampu mengembangkan melalui prestasi sehingga siswa berhasil mencapai prestasinya yang dicapai disekolah. Akana tetapi program kegiatan pengembangan siswa ini masih belum banyak sisiwa mengetahui tentang pengembangan diri sehingga guru memberikan motivasi agar siswa tersebut dapat mengembangkan bakat yang siswa punya. Faktor pendukungnya yaitu siswa disiplin waktu dalam kegiatan pengembangan diri, siswa berhasil mendapatkan prestasi disekolah orang tua selalu mendukung seluruh program yang ada disekolah. Adapun solusi dari waka kesiswaan dalam pengembangan diri siswa selalu berkerja sama dengan guru dan selalu mengiatkan pentingnya pengembangan diri yang ada disejolah dan selalu memberikan motivasi kepada siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk menumbuhkan penanaman nilai-nilai karakter kedisiplinan, kebangsaan, dan kegotong royongan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implemetasi Nilai-Nilai Karakter, Pengembangan Diri Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:14
Last Modified: 20 Feb 2024 03:14
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item