PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 2 SDN KALISALAM 2 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

AINI, IKA NUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 2 SDN KALISALAM 2 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
cover baru IKA NUR AINI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI IKA NUR AINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IKA NUR AINI .pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 IKA NUR AINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (167kB)
[img] Text
BAB 2 IKA NUR AINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (219kB)
[img] Text
BAB 3 IKA NUR AINI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (517kB)
[img] Text
BAB 4 (2) IKA NUR AINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (670kB)
[img] Text
BAB 5 IKA NUR AINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IKA NUR AINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (121kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI IKA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pengaruh proses pembelajaran terhadap afektifitas belajar siswa di SDN Kalisalam 2 kecamatan Dringu. Beberapa masalah yang dapat melibatkan ketidaklancaran pengguna bahasa Indonesia, kesulitan memahami. Tampaknya, terdapat beberapa tantangan dalam pembelajaran, termasuk minimnya partisipasi siswa dalam berbicara dan pendekatan pengajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, beberapa langkah dapat dipertimbangkan, yaitu penggunaan pendekatan role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif Pre-Experimental Designs. Pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Adapun dalam penentuan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling, selanjutnya untuk menganalisis menggunakan analisis data yaitu dengan dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian yang penulis lakukan dengan uji normalitas pretest dan posttest yaitu prestest dengan rata-rata 47.62 dan posttest sebesar rata-rata 60.95 pada uji homogenitas sebesar sebesar 47.62 dan Posttest 60.95 hal tersebut bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara pada data Pretest dan Posttest. Dengan demikian bahwa model pembelajaran role playing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Uji – T berpasangan (paired sample t test) menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 2 SDN Kalisalam 2 pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Bahasa Indonesia, Hasil Keterampilan Berbicara
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:54
Last Modified: 28 Oct 2024 03:54
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item