PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKn (KELAS V SD NEGERI SEBAUNG II GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO)

PUSPITASARI, TRI YUNI PUTRI (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKn (KELAS V SD NEGERI SEBAUNG II GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
10. DAFTAR ISI TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
15. bab I TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (474kB)
[img] Text
16. BAB II TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (489kB)
[img] Text
17. BAB III TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (34kB)
[img] Text
18. BAB IV TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (920kB)
[img] Text
19. BAB V TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (128kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Solusi pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, pengumpul data dan observer partisipan. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sebaung II Gending. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa karakter yang muncul pada pembelajaran berbasis masalah yaitu yaitu rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif, toleransi, disiplin, bersahabat, jujur, demokratis, gemar membaca. Kendala yang terjadi pada persiapan, pelaksanaan dan penilaian, guru mencari solusi agar pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri Sebaung 1 Gending Kabupaten Probolinggo dapat terlaksana dengan baik.Kesimpulan penelitian ini, pendidikan karakter perlu ditanamkan dengan baik kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang berilmu dan memiliki karakter baik. Sinergi antara Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik sangat berperan dalam terbentuknya karakter yang diharapkan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 07 Jan 2025 09:31
Last Modified: 07 Jan 2025 09:31
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item