PUSPITASARI, TRI YUNI PUTRI (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKn (KELAS V SD NEGERI SEBAUNG II GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
10. DAFTAR ISI TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (500kB) |
||
|
Text
8. ABSTRAK TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
15. bab I TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (474kB) |
||
Text
16. BAB II TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (489kB) |
||
Text
17. BAB III TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (34kB) |
||
Text
18. BAB IV TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (920kB) |
||
Text
19. BAB V TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (400kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN TRI YUNI PUTRI PUSPITASARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Solusi pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri Sebaung II Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, pengumpul data dan observer partisipan. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sebaung II Gending. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa karakter yang muncul pada pembelajaran berbasis masalah yaitu yaitu rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif, toleransi, disiplin, bersahabat, jujur, demokratis, gemar membaca. Kendala yang terjadi pada persiapan, pelaksanaan dan penilaian, guru mencari solusi agar pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri Sebaung 1 Gending Kabupaten Probolinggo dapat terlaksana dengan baik.Kesimpulan penelitian ini, pendidikan karakter perlu ditanamkan dengan baik kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang berilmu dan memiliki karakter baik. Sinergi antara Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik sangat berperan dalam terbentuknya karakter yang diharapkan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 09:31 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 09:31 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5031 |
Actions (login required)
View Item |