PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN PKn (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Akhlaq Kabupaten Probolinggo)

SUROIYAH, MUAFFAH (2019) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN PKn (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Akhlaq Kabupaten Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. Cover MUAFFAH SUROIYAH .pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
9. DAFTAR ISI MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
7. Abstrak MUAFFAH SUROIYAH .pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
Bab I MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (171kB)
[img] Text
Bab II MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (341kB)
[img] Text
Bab III MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (431kB)
[img] Text
Bab IV MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (902kB)
[img] Text
Bab V MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (23kB)
[img] Text
Bab VI MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (146kB)
[img] Text
6. Pernyataan Keaslian Tulisan MUAFFAH SUROIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (308kB)

Abstract

Secara umum Rendahnya kualitas proses belajar siswa dapat diketahui dari beberapa aspek yakni kualitas proses dalam kegiatan belajar mengajar danprestasi dari proses belajar siswa. Materi pelajaran PKn sebagian besar bersifat informative, sehingga kurang melatih kecakapan siswa. Sebagian besar siswa belum tuntas dalam penguasaan materi yang diajarkan. Di samping itu pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga sebagaian besar siswa masih pasif terpusat pada guru. Dari itu dapat dilihat bahwa proses belajar masih sangat rendah sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian menerapkan model pembelajaran Quiz Team. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah Class room Action Reserch (CAR).Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Akhlaq Kabupaten Probolinggo karena memiliki permasalahan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Intrumen penelitian yang kumpulkan adalah data keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua sikluas, apapun hasil siklus dua, penelitian akan dihentikan karena pertimbangan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keaktifan kelas berada pada kategori sangat bagus 11,7%, baik 61,8%, cukup 8,9%, kurang 11,7% dan sangat kurang 5,9% dengan rata-rata hasil belajar 80,6 dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan menjadi 23,5% untuk kategori sangat bagus, 67,5% untuk kategori baik 61,8%, dan 8,9% untuk kategori cukup 8,9% dengan rata-rata hasil tes 83,2. Dari segi hasil belajar, pada siklus I terdapat 25 yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 31 siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Quiz Team, PKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:02
Last Modified: 10 Jan 2025 06:02
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item