SUROIYAH, MUAFFAH (2019) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN PKn (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Akhlaq Kabupaten Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. Cover MUAFFAH SUROIYAH .pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
9. DAFTAR ISI MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (164kB) |
||
|
Text
7. Abstrak MUAFFAH SUROIYAH .pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
Bab I MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (171kB) |
||
Text
Bab II MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (341kB) |
||
Text
Bab III MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (431kB) |
||
Text
Bab IV MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (902kB) |
||
Text
Bab V MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (23kB) |
||
Text
Bab VI MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (17kB) |
||
Text
Daftar Pustaka MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (146kB) |
||
Text
6. Pernyataan Keaslian Tulisan MUAFFAH SUROIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (308kB) |
Abstract
Secara umum Rendahnya kualitas proses belajar siswa dapat diketahui dari beberapa aspek yakni kualitas proses dalam kegiatan belajar mengajar danprestasi dari proses belajar siswa. Materi pelajaran PKn sebagian besar bersifat informative, sehingga kurang melatih kecakapan siswa. Sebagian besar siswa belum tuntas dalam penguasaan materi yang diajarkan. Di samping itu pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga sebagaian besar siswa masih pasif terpusat pada guru. Dari itu dapat dilihat bahwa proses belajar masih sangat rendah sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian menerapkan model pembelajaran Quiz Team. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah Class room Action Reserch (CAR).Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Akhlaq Kabupaten Probolinggo karena memiliki permasalahan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Intrumen penelitian yang kumpulkan adalah data keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua sikluas, apapun hasil siklus dua, penelitian akan dihentikan karena pertimbangan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keaktifan kelas berada pada kategori sangat bagus 11,7%, baik 61,8%, cukup 8,9%, kurang 11,7% dan sangat kurang 5,9% dengan rata-rata hasil belajar 80,6 dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan menjadi 23,5% untuk kategori sangat bagus, 67,5% untuk kategori baik 61,8%, dan 8,9% untuk kategori cukup 8,9% dengan rata-rata hasil tes 83,2. Dari segi hasil belajar, pada siklus I terdapat 25 yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 31 siswa yang tuntas.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Quiz Team, PKn |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 06:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 06:02 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5046 |
Actions (login required)
View Item |