SUHARTONO, (2018) ANALISIS PERILAKU PARA PEDAGANG SAYUR DI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA PASAR TRADISIONAL SEMAMPIR KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 COVER SUHARTONO .pdf Download (44kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6 DAFTAR ISI SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (205kB) |
|
|
Text
9 ABSTRAK SUHARTONO .pdf Download (181kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (387kB) |
|
![]() |
Text
BAB II SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (406kB) |
|
![]() |
Text
BAB III SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (317kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (522kB) |
|
![]() |
Text
BAB V SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (181kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SUHARTONO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan pada pedagang sayur pasar Semampir Kraksaan Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui cara penetapan harga jual yang diterapkan pedagang pasar tradisional saat bertransaksi langsung dengan pembeli selama ini. Selain itu, analisis yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang yang nantinya akan mempengaruhi penetapan harga jual produk yang dijual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi, dimana peneliti akan mendeskripsikan keadaan sesungguhnya yang ada pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku didalam menetapkan harga jual terdiri dari tiga aspek, yaitu: (1) dalam aspek ekonomi, perilaku pedagang adalah memberikan bonus kepada pembeli namun hal ini tidak mengganggu pendapatan pedagang dikarenakan penjualan sebelumnya telah memperoleh laba yang cukup; (2) dalam aspek sosial, terdapat hubungan sosial yang melekat antara pedagang dengan pedagang lain demi menetapkan harga jual, hubungan antara pedagang dengan tengkulak yang mengutamakan kesetiaan dan harga yang murah, selain itu juga antara pedagang dengan pembeli dimana semakin tinggi tingkat sosialnya maka harga yang diberikan pedagang akan semakin rendah; dan (3) dalam aspek spiritual, terdapat kegiatan yang tidak masuk logika dan ilmu pengetahuan namun terjadi secara turun temurun demi melancarkan kegiatan usaha. Selain itu, penetapan harga jual pedagang sayur menerapkan metode harga pasar dan total biaya, dimana kedua metode ini masuk dalam teori akuntansi dan bisnis
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Pedagang, dan Harga Jual. |
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Divisions: | S1 Akuntansi Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 06:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 06:53 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |