ANALISIS PERILAKU PARA PEDAGANG SAYUR DI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA PASAR TRADISIONAL SEMAMPIR KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

SUHARTONO, (2018) ANALISIS PERILAKU PARA PEDAGANG SAYUR DI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA PASAR TRADISIONAL SEMAMPIR KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1 COVER SUHARTONO .pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
6 DAFTAR ISI SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK SUHARTONO .pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB I SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (387kB)
[img] Text
BAB II SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (406kB)
[img] Text
BAB III SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (522kB)
[img] Text
BAB V SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUHARTONO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (187kB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada pedagang sayur pasar Semampir Kraksaan Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui cara penetapan harga jual yang diterapkan pedagang pasar tradisional saat bertransaksi langsung dengan pembeli selama ini. Selain itu, analisis yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang yang nantinya akan mempengaruhi penetapan harga jual produk yang dijual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi, dimana peneliti akan mendeskripsikan keadaan sesungguhnya yang ada pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku didalam menetapkan harga jual terdiri dari tiga aspek, yaitu: (1) dalam aspek ekonomi, perilaku pedagang adalah memberikan bonus kepada pembeli namun hal ini tidak mengganggu pendapatan pedagang dikarenakan penjualan sebelumnya telah memperoleh laba yang cukup; (2) dalam aspek sosial, terdapat hubungan sosial yang melekat antara pedagang dengan pedagang lain demi menetapkan harga jual, hubungan antara pedagang dengan tengkulak yang mengutamakan kesetiaan dan harga yang murah, selain itu juga antara pedagang dengan pembeli dimana semakin tinggi tingkat sosialnya maka harga yang diberikan pedagang akan semakin rendah; dan (3) dalam aspek spiritual, terdapat kegiatan yang tidak masuk logika dan ilmu pengetahuan namun terjadi secara turun temurun demi melancarkan kegiatan usaha. Selain itu, penetapan harga jual pedagang sayur menerapkan metode harga pasar dan total biaya, dimana kedua metode ini masuk dalam teori akuntansi dan bisnis

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pedagang, dan Harga Jual.
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Divisions: S1 Akuntansi
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2025 06:53
Last Modified: 13 Oct 2025 06:53
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item