PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAANUNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KALI SALAM 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Maghfirotillah, Ilfin (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAANUNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KALI SALAM 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI Ilfin Maghfirotillah.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Ilfin Maghfirotillah.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB I Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (201kB)
[img] Text
BAB II Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (297kB)
[img] Text
BAB III Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (379kB)
[img] Text
BAB V Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ilfin Maghfirotillah.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (138kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan Model pembelajaran yang digunakan guru juga masih monoton sehingga membuat siswa menjadi bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.Selama ini kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas berpusat kepada guru sehingga siswa cenderung kurang aktif. Karena siswa kelas 4 minat belajar masih kurang di SDN Kali Salam 1, diharapkan dengan memakai model pembelajaran. Model kooperatif tipe Talking Stick diharapkan dapat meningkatkan minat siswa maka dari itu peneliti mengambil solusi penerapan “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (TS) Pada Tema Berbagai Pekerjaan Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas IV SDN Kali Salam 1 Tahun Pelajaran 2019/2020” latar belakang 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada Tema berbagai pekerjaan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Kali Salam 1 tahun pelajaran 2019/2020? 2) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada Tema berbagai pekerjaan meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Kali Salam 1 tahun pelajaran 2019/2020 ? 3) Bagaimana kendala penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada Tema berbagai pekerjaan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Kali Salam 1 tahun pelajaran 2019/2020. Analisis ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Untuk minat belajar siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata – rata 2,1% dengan kategori cukup baik, pada pertemuan 2 memperoleh nilai rata – rata 2,4% dengan kategori cukup baik di siklus 2 pertemuan 1 memperoleh nilai rata – rata 3 % dengan kategori cukup baik, pada pertemuan 2 memperoleh nilai rata – rata 3,6 % dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah. penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada Tema berbagai pekerjaan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Kali Salam 1 tahun pelajaran 2019/2020. hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata – rata angket minat belajar dari siklus 1 dan 2. Berdasarkan hasil di atas dapat peneliti sarankan kepada Pendidik diharapkan memiliki model pembelajaran yang tidak berpusat pada pendidik melainkan pada peserta didik. Pemilihan model pembelajaran harus menjadikan siswa lebih pembelajaran yang lebih optimal.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick , Minat Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:45
Last Modified: 11 Nov 2020 06:45
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item