MARTIASTUTI, NUR OERINDA (2019) PENERAPAN METODE CBI FONIK DALAM KEMAMPUAN BACA TULIS SISWA KESULITAN BELAJAR (Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDI Fatahillah Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI NUR OERINDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (146kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NUR OERINDA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
BAB I NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (111kB) |
||
Text
BAB II NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (180kB) |
||
Text
BAB III NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
||
Text
BAB IV NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (440kB) |
||
Text
BAB V NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (33kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA NUR OERINDA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (72kB) |
Abstract
Data di SDI Fatahillah menunjukkan bahwa ada beberapa siswa kesulitan belajar membaca dan menulis. Kesulitan membaca dan menulis tidak hanya dialami oleh siswa kelas rendah. Tetapi ada juga beberapa yang yang terjadi pada siswa kelas atas. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang belajar membaca dan menulis di kelas I SDI Fatahillah. Berdasarkan konteks yang terjadi dalam penelitian ini, terdapat fokus penelitian pada dua masalah: (1) Bagaimana penerapan metode CBI Fonik dalam kegiatan belajar membaca dan menulis, (2) Kurangnya keterampilan membaca dan menulis pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dan menulis pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa mengalami kesulitan belajar karena faktor keluarga. Tidak ada bantuan dan pengulangan materi di rumah dengan orang tua karena orang tua sibuk bekerja. Kesulitan belajar membuat siswa juga mengalami kesulitan membaca dan menulis. Berdasarkan temuan di atas, peneliti menyarankan lembaga untuk menggunakan metode CBI Fonik dalam belajar membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode CBI Fonik, Kemampuan Literasi, Kesulitan Belajar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 04:16 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 04:16 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |