KURNIAWATI, ANGGRAINI (2019) STRATEGI OPTIMALISASI PENANAMAN KARAKTER TOLERANSI UNTUK MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI (Studi Kasus di MA Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI ANGGRAINI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ANGGRAINI KURNIAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (98kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ANGGRAINI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (217kB) |
||
Text
BAB II ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (440kB) |
||
Text
BAB III ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (375kB) |
||
Text
BAB IV ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (259kB) |
||
Text
BAB V ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (184kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ANGGRAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (188kB) |
Abstract
Karakter ialah bagaimana sikap, tingkah laku, dan perbuatan suatu bangsa. Karakter toleransi merupakan sikap saling menghargai antar sesama dan tidak membeda-bedakan satu sama lain. Perilaku bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan dan trauma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru PKn dalam meningkatkan penanaman karakter toleransi untuk menanggulangi perilaku bullying pada peserta didik, kendala-kendala guru PKn dalam meningkatkan penanaman karakter toleransi untuk menanggulangi perilaku bullying pada peserta didik serta solusi guru PKn dalam meningkatkan penanaman karakter toleransi untuk menanggulangi perilaku bullying pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MA Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo, Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Kepala Sekolah, dan Guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan simpulan, yaitu, cara yang dilakukan guru dalam menanamkan karakter toleransi untuk menanggulangi perilku bullying yaitu: memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya sikap toleransi, memberikan hukuman atau sanksi pada pelaku bullying. Kendala-kendala yang dihadapi guru PKn dalam menanamkan karakter toleransi untuk menanggulangi perilaku bullying yaitu : (1) kurangnya pemahaman peserta didik terhadap sikap toleransi, (2) pengaruh buruk dari lingkungan, (3) pengaruh media sosial terhadap perilaku bullying. Solusi guru PKn dalam menanamkan karakter toleransi untuk menanggulangi perilaku bullying yaitu: (1) memberikan pemahaman kepada peserta didik terhadap sikap toleransi, (2) memberikan pendidikan karakter, (3) memberikan pendidikan menggunakan teknologi dan media sosial dengan bijaksana. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa cara yang dilakukan guru PKn yaitu dengan membuat kelompok-kelompok kecil pada saat pembelajaran PKn agar peserta didik dapat menghargai pendapat atau keputusan orang lain. Dalam hal menangani kasus perilaku bullying, guru PKn selalu memberikan sanksi yang telah ditetapkan oleh sekolah, dan dapat disarankan siswa hendaknya menyadari akan kewajiban sebagai pelajar, pewaris, dan penerus bangsa, yaitu belajar dengan baik, mengikuti pengarahan dari orang tua dan guru serta patuh terhadap orang tua atau guru agar mencapai potensi yang baik.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Toleransi, Perilaku Bullying |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 02:40 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 03:23 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1536 |
Actions (login required)
View Item |