ARUNA, LELA (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS XI SMK TAMAN SISWA 1 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI LELA ARUNA.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (189kB) |
||
|
Text
ABSTRAK LELA ARUNA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB I LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (417kB) |
||
Text
BAB II LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (340kB) |
||
Text
BAB III LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (492kB) |
||
Text
BAB IV LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (716kB) |
||
Text
BAB V LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (199kB) |
||
Text
BAB VI LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (180kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA LELA ARUNA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (185kB) |
Abstract
Sikap toleransi peserta didik di kelas XI SMK Taman Siswa 1 Kota Probolinggo menunjukkan bahwa masih rendah, banyak peserta didik yang suka berbicara sendiri dengan teman sebangku disaat jam pembelajaran, banyak pula peserta didik yang mengganggu temannya bahkan masih banyak pula yang suka saling mengejek antar temannya. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap sikap toleransi antar peserta didik. Bertolak dari latar belakang yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan: (1) Bagaimana menerapkan metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) dalam meningkatkan sikap toleransi antar peserta didik pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMK Taman Siswa 1 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Apakah penerapan metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) meningkatkan sikap toleransi antar peserta didik di kelas XI SMK Taman Siswa 1 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Penerapan dalam pembelajaran bermain peran (Role Playing) dilakukan dengan menggunakan tindak kesesuaian RPP, pada siklus I penerapan pembelajaran bermain peran (Role Playing) kualitasnya cukup baik dan mengalami peningkatan kualitas menjadi sangat baik pada siklus II dalam penerapan pembelajaran bermain peran (Role Playing). (2) Adanya peningkatan sikap toleransi antar peserta didik pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMK Taman Siswa 1 Kota Probolinggo Tahun pelajaran 2019/2020, hasil tindakan sikap toleransi peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 3,35% termasuk kategori cukup baik dan sikap toleransi peserta didik mengalami peningkatan sebesar 1.3% pada tindakan siklus II dengan perolehan persentase sebesar 4,65% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) di kelas XI SMK Taman Siswa 1 Kota Probolinggo kualitasnya sangat baik dan dapat meningkatkan sikap toleransi peserta didik.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing), Sikap Toleransi, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Nov 2020 02:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2020 02:39 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |