MUSTOFA, NURUL (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM LECES KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI NURUL MUSTOFA.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
||
|
Text
ABSTRAK NURUL MUSTOFA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
BAB I NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (188kB) |
||
Text
BAB II NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (185kB) |
||
Text
BAB III NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (298kB) |
||
Text
BAB IV NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (483kB) |
||
Text
BAB V NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA NURUL MUSTOFA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (206kB) |
Abstract
JIGSAW adalah pembelajaran kooperatif dimana siswa memebentuk kelompok yang bertanggung jawab dari materi yang ditugaskan guru kemudian siswa mengajarkannya kepada anggota lain dalam kelompoknya (Isjoni, 2009: 77), model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang paling sederhana dan paling tepat digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pendekatan dengan pembelajaran kooperatif Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Ulum Leces Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan tedengan kepala sekolah, dan guru. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan analisis hasil yang dipakai adalah menggunakan kualitatif dengan analisis dan statistik. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan Manfaat dari penerapan Metode Kooperatif tipe JIGSAW, Penerapan model pembelajaran kooperati type JIGSAW dalampemelajaran Pkn dilaksanakan dalam lima tahapan, Kelebihan dan Kkeurangan Penerapan Metode kooperatif tipe JIGSAW Solusi model ceramah oleh guru dapat dig anti dengan metode pembelajaran lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, Dapat disarankan kepala sekolah diharapkan dapat memberi pengetahuan yang memadai kepada guru mata pelajaran mengenai model pembelajaran, Bagi guru,diharapkan JIGSAW dapat menjadi salah satu model pembelajaran atrnatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa baik pada pembelajaran Pkn, Penulis harap Penelitian dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut menggunakan JIGSAW dan menerapkannya pada mata pelajaran yang beragam selain PKn.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, kooperatif tipe jigsaw, Pendidikan Kewarganegaraan. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Nov 2020 03:17 |
Last Modified: | 21 Nov 2020 03:17 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
View Item |