PENGEMBANGAN MEDIA ROBDAR (Roda Berputar Bangun Datar) UNTUK MEMBENTUK KOMPETENSI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SEKECAMATAN GENDING

YUSUB, MUHAMMAD (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ROBDAR (Roda Berputar Bangun Datar) UNTUK MEMBENTUK KOMPETENSI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SEKECAMATAN GENDING. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MUHAMMAD YUSUB.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MUHAMMAD YUSUB.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB I MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)
[img] Text
BAB II MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (280kB)
[img] Text
BAB III MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (134kB)
[img] Text
BAB V MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MUHAMMAD YUSUB.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas IV SD Islam Nurus Syamsi pada mata pelajaran bangun datar tergolong rendah karena siswa dituntut untuk mempelajari materi yang tidak sesuai dengan karakter siswa dan hanya menggunakan satu bahan ajar yang menekankan pada aspek kognitifnya saja. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan media roda putar yang disesuaikan dengan karakter peserta didik dan memperhatikan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta membekali peserta didik dengan pembelajaran secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media roda putar yang valid, praktis, menarik, efektif, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan dimulai dengan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan perencanaan, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan produk akhir. Validasi isi / validasi materi mencapai 75% dan hasil validasi ahli media mencapai 87,5%. dari angket guru kelas tingkat kepraktisan mendapat skor 87,8% , dari angket siswa persentase kemenarikan diperoleh skor 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Media roda putar telah valid, praktis, menarik, dan efektif dalam pembelajaran matematika kelas IV.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Roda putar bangun datar, Kompetensi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:09
Last Modified: 29 Mar 2021 04:09
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item