PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII MTS AL - KHOIRIYAH DESA KERPANGAN KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021

EFENDI, YUSUF (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII MTS AL - KHOIRIYAH DESA KERPANGAN KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI YUSUF EFENDI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK YUSUF EFENDI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (100kB)
[img] Text
BAB 2 YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (182kB)
[img] Text
BAB 3 YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)
[img] Text
BAB 4 YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (174kB)
[img] Text
BAB 5 YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUSUF EFENDI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (105kB)

Abstract

Model pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa masih lemah, maka dari itu peneliti menemukan beberapa siswa yang masih kurang kreatif dan aktif dalam melakukan proses pembelajaran di kelas VII MTs Al-Khoiriyah. Dari sanalah masalah yang menarik menurut peneliti untuk memberikan solusi dari masalah penerapan model pembelajaran, dalam meningkatkan kreativitas siswa tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari konteks yang berlangsung maka dalam penelitian ini berfokus pada 3 permasalahan: (1) Bagaimanakah kreativitas siswa kelas VII di madrasah tersebut dalam mengikuti proses pembelajaran, (2) Apa saja faktor penghambat dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang akan digunakan guru dalam menyampaikan materi yang terhadap siswa tersebut, (3) Apa saja upaya�upaya yang digunakan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di dalam penyampaian materi terhadap siswa di madrasah tersebut. Penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah kelas VII MTs Al-Khoiriyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian model pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam merangsang siswa untuk meningkatkan kreativitas serta keaktifannya dalam proses pembelaajaran, sehingga siswa lebih tertarik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun ada beberapa faktor kendala dari hal tersebut. Maka dari itu viii model pembelajaran yang digunakan oleh guru dijadikan solusi atas kreativitas siswa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Kooperatif tipe jigsaw, Kreativitas.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:08
Last Modified: 12 Dec 2022 02:08
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item