GERIKO, AHMAD TAUFIK INGRON (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN GADING KULON I KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM MENENTUKAN VOLUM BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
||
|
Text
ABSTRAK AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
BAB I AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (307kB) |
||
Text
BAB II AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (365kB) |
||
Text
BAB III AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (204kB) |
||
Text
BAB IV AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (221kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA AHMAD TAUFIK INGRON GERIKO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (111kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Gading Kulon I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo dalam menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat peraga kubus satuan. Manfaat penelitian ini bagi siswa adalah meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang, bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif bagi upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 7,0. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,7 pada siklus I, 8,4 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Alat Peraga Kubus Satuan |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 03:49 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 03:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3432 |
Actions (login required)
View Item |