KARTIKA, DIAN PUSPITA (2021) PENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE DEMONSTRASI MEDIA MANIK-MANIK SISWA KELAS VISD NEGERI GANTING WETAN KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (40kB) |
||
|
Text
ABSTRAK DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
BAB I DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (262kB) |
||
Text
BAB II DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (223kB) |
||
Text
BAB III DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (461kB) |
||
Text
BAB IV DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (233kB) |
||
Text
BAB V DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA DIAN PUSPITA KARTIKA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
Abstract
Pada pembelajaran Matematika kelas VI SD Negeri Ganting Wetan kecamatan Maron kabupaten Probolinggo, dengan materi pelajaran tentang pengurangan bilangan bulat belum dikuasai siswa. Hal ini dikarenakan penjelasan guru terlalu abstrak, belum menggunakan metode dan media yang tepat sehingga siswa kurang tertarik terhadap materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrarasi media manik-manik dapat meningkatkan penguasaan materi pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VI SD Negeri Ganting Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui peningkatkan penguasaan materi pengurangan bilangan bulat penerapan melalui metode demonstrarasi media manik-manik pada siswa kelas VI SD Negeri Ganting Wetan kecamatan Maron kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2020/2021. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dua siklus dengan tahapan persiklusnya adalah, Planning (perencanaan), Acting (pelaksanaan), Observing (pengamatan), Reflecting (refleksi). Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, hasil nilai tes akhir pada siklus pertama yang diikuti oleh 14 siswa ada 8 siswa atau 57,1 % yang telah mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus kedua ada 11 siswa atau 78,6 %. Berdasarkan analisa di atas maka perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan peneliti sudah menunjukkan keberhasilan. Berdasarkan hasil analisa ternyata metode demonstrasi media manik-manik dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran matematika tentang pengurangan bilangan bulat.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Penguasaan, Metode Demonstrasi, Media Manikmanik. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:38 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3433 |
Actions (login required)
View Item |