HASAN, MUHTADUL (2021) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI KETAHANAN DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI REJING I SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN REJING I KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI MUHTADUL HASAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (186kB) |
||
|
Text
ABSTRAK MUHTADUL HASAN.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
BAB I MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (132kB) |
||
Text
BAB II MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (75kB) |
||
Text
BAB III MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (304kB) |
||
Text
BAB IV MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (202kB) |
||
Text
BAB V MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA MUHTADUL HASAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
Abstract
Penggunaan metode mengajar yang sebagian besar dilakukan guru dengan mcngedepankan peran guru. Hal ini menyebabkan anak kurang berperan sehingga akhirnya nilai yang diraihpun kurang dari yang diharapkan. Banyak metode mengajar yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Salah satu diantaranya Cooperative Learning. Dengan pendekatan Cooperative Learning diharapkan anak dapat menggali dan menemukan pokok materi secara bersama-sama dalam kelompok atau secara individu. Sehingga akhirnya merasa senang dan materi yang dipelajari melekat dalam benaknya karena didapatkan melalui pengalamannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V semester II SD Negeri Rejing I. Untuk mengetahui Peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V semester II SD Negeri Rejing I melalui metode Cooperative Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Rejing I kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai Guru Kelas. Obyek penelitian adalah siswa Kelas V semester II SDN Rejing I Kecamatan Tiris kabupaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing meliputi : Planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan) dan replecting (refleksi). Berdasarkan hasil peneliti dan catatan lapangan di peroleh nilai rata-rata mata pelajaran PKn sebelum siklus yakni (59,09) kurang. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkaan dengan nilai rata-rata (65) cukup, menandakan perhatian dan partisipasi siswa terhadap proses pembelajaran PKn, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II yakni (80) baik. Menunjukkan penelitian yang berhasil.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar PKn, Metode Cooperative Learning |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Feb 2023 06:32 |
Last Modified: | 25 Feb 2023 06:32 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3437 |
Actions (login required)
View Item |